Pages

Wednesday, February 2, 2011

Badges Foursquare Tahun Baru Cina 2011


Postingan pertama di bulan februari 2011. Agar blog ini sedikit update, ada baiknya saya kembali mencoba memberikan sedikit desain untuk badge Foursquare, sebuah apresiasi kecil untuk Tahun Baru Cina ke-2562 yang akan datang esok hari. Sekaligus menghormati teman-teman yang merayakan, dan juga beberapa keluarga saya yang juga merayakan, ditunggu angpau-nya yaa! #eaaa

Sedikit informasi tentang Tahun Baru Cina. Tahun Baru Cina atau Imlek, merupakan sebuah perayaan pergantian tahun, menjadi hari penting bagi orang Tionghoa. Perayaan tahun baru Imlek biasanya dimulai di hari pertama bulan pertama pada penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh ditanggal kelima belas pada saat bulan purnama. Perayaan tahun baru Cina sangat beragam, seperti jamuan makan, penyalaan kembang api, yang paling sering terlihat penampilan Barongsai di tempat-tempat umum. Serta tradisi pemberian Angpau, yaitu bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan uang, diberikan oleh orang yang sudah menikah ke orang yang belum menikah, biasanya masih ada keterikatan kelaurga.

Pada pemerintahan Soeharto (1968-1998), dengan Instruksi Presiden nomor 14 Tahun 1967, perayaan Tahun Baru Cina sempat dilarang. Tetapi pada tahun 2000, pemerintahan Abdurrahman Wahid atau Gusdur mencabut Inpres tersebut, sehingga perayaan Imlek dapat bebas dirayakan di Indonesia. Serta menindaklanjuti dengan Kepres No. 19/2001 tertanggal 9 april 2001, yang meresmikan Imlek sebagai hari libur yang fakultatif, dalam pengertian hanya berlaku bagi yang merayakan. Akhirnya pada tanggal 12 Februari 2002, Imlek resmi dinyatakan sebagai salah satu hari libur nasional oleh Presiden Megawati Soekarno Putri.

Selamat Tahun Baru Cina bagi yang merayakan, Gong Xi Fat Cai! \m/

No comments:

Post a Comment