Pages

Wednesday, December 8, 2010

Kembalinya Game Strategi Kolosal Blizzard



StarCraft II : Wings of Liberty
Publisher : Blizzard Entertainment
Developer : Blizzard Entertainment

Sebenarnya saya sudah memainkannya game ini sejak beberapa bulan lalu, campaign-nya pun sudah jauh dimainkan, kira-kira sudah 80% misi dijalani. Tetapi mohon maaf apabila telat me-review-nya, apa daya kesibukan seorang pekerja kasar, buruh karbitan, yang senantiasa bertekuk lutut dibawah dominasi klien yang beringas dan siap menerkam apabila deadline telat merapat. Dari pada ngomong panjang lebar makin tidak jelas, marilah kita coba membahas sedikit keampuhan bumbu racikan super kolosal, dan sangat sayang bila terlewatkan bahasannya di blog ini.

Sebuah game RTS (Real-time Strategy) klasik dari Blizzard akhirnya turun ke publik maniak gamers. Game ini secara official sudah dapat dimainkan pada tanggal 27 Juli kemarin. Merupakan penantian yang sangat panjang publik dunia, karena edisi pertama game ini muncul tahun 1998 dulu. Sekuel ini dinamakan StarCraft II: Wings of Liberty. Ceritanya pun masih kelanjutan dari Starcraft: Brood War. Kali ini bangsa Zerg (Alien monster) turun menjajah bangsa Terran (Manusia) dan Protoss (Alien dengan teknologi maju).

Pertama kali memainkan campaign-nya, di awal petualangan terasa sangat garing, misi dan musuh terlalu mudah ditaklukan, hampir tanpa perlawanan. Sehingga cukup kecewa juga memainkannya, tidak seperti di review-review media massa luar negeri yang saya baca sebelumnya. Akhirnya pendapat itu dipatahkan menjelang memasuki misi ke 4 dan 5. Benar-benar membuat berpikir dua kali untuk membeli dan menyiapkan pasukan, karena sangat berpengaruh terhadap komposisi pertempuran di dalamnya. Misi selanjutnya pun membuat candu yang berbahaya, variasi dan kesulitan misi yang dapat membuat insomnia beberapa hari kedepan. Belum lagi fitur multiplayer-nya, yang bisa di mainkan online via battle-netnya dari seluruh penjuru dunia.

Berlanjut ke grafik, benar-benar perubahan yang signifikan dari terdahulunya. Mungkin saat ini, Starcraft 2 merupakan salah satu game strategi dengan visual terbaik. Tekstur yang detail, efek yang menawan seperti blur dan bloom sangat terlihat keren. Apalagi dengan sentuhan fitur engine Physx, membuat pertikel kehancuran terlihat sangat nyata. Dalam setting very high, dapat membuat lag video card yang saya pakai yaitu: Radeon 4650. Oleh karena itu beberapa effect yang saya anggap tidak penting saya coba matikan. Kecanggihan grafis dapat terlihat ketika cut scene, tokoh-tokoh menjadi begitu realistis.

Keseluruhannya, StarCraft II: Wings of Liberty sebuah game yang sangat wajib dimainkan. Apalagi buat penggemar game strategi, merupakan sebuah harga mati untuk menyentuh dan memainkannya. Dan ada sebuah kabar baik, ternyata StarCraft II: Wings of Liberty adalah sebuah awal pembuka dari trilogi berbahaya dari buatan Blizzard ini. Tahun depan kemungkinan akan disusul dua ekspansinya lagi, yaitu StarCraft II: Heart of the Swarm dan yang terakhir adalah StarCraft II: Legacy of the Void.

Prediksi Akhir
Gameplay: 9
Graphic: 9
Stability: 8,5
Replay: 9
Total Skor 8,8

No comments:

Post a Comment