Pages

Monday, March 28, 2011

Peringatan Earth Hour Di Bundaran HI



Akhirnya ditambah satu lagi label tag di blog sederhana ini. Label tag dengan sebutan Go Green ini akan mendukung segala bentuk kegiatan berbasis lingkungan. Sekalian di posting perdana, berhubung hari Sabtu malam kemarin saya dan beberapa teman-teman menyempatkan hadir di bundaran HI, untuk ikut meramaikan aksi Earth Hour ini. Dan berikut sedikit liputan-nya dibawah.

Pada hari sabtu 26 Maret 2011 kemarin, pada pukul 20.30 - 21.30 malam, dilangsungkan sebuah aksi Earth Hour. Jakarta, merupakan salah satu kota, dari sekian banyak kota-kota di dunia yang mendukung program ini. Secara garis besar Earth Hour adalah sebuah kegiatan global yang di proklamirkan oleh WWF, yang diadakan pada setiap hari Sabtu terakhir pada bulan Maret setiap tahunnya. Dengan aksi sederhana yaitu mengajak rumah-rumah dan perkantoran untuk mematikan listrik yang tidak perlu selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran manusia atas perubahan iklim, seperti Global Warming.



Sebelum detik-detik mematikan lampu Earth Hour kemarin, di bundaran HI massa sudah datang meramaikan dari beberapa jam sebelumnya, dan mayoritas dipenuhi oleh para aktivis WWF, para komunitas sepeda, dan banyak juga masyarakat biasa yang hadir ingin menyaksikan acara ini secara langsung. Tepat pada 20.30 malam, setelah dilakukan hitungan mundur bersama-sama akhirnya lampu sekitar bundaran HI padam satu persatu, hingga akhirnya gelap gulita. Otomatis euforia Earth hour mulai tercipta, dari nyanyian lagu-lagu nasional dikumandangkan bersama-sama, penampilan maskot panda WWF yang jalan mengitari bunderan HI, dan sibuknya menyalakan lilin beramai-ramai, menjadikan sebuah pengalaman yang cukup berkesan.

Tapi sangat disayangkan banyak masyarakat yang kurang mengindahkan program ini, tidak jauh dari sana lampu 7-Eleven masih terang menyala, dan banyak pula para anak muda yang merayakan Earth Hour di tempat itu, disuguhi dengan musik live lokal. Belum lagi para anak muda yang mengunjungi mall di sekitar itu pada saat yang bersamaan. What the F**k? Sangat berbanding terbalik dengan keadaan di sekitar Bundaran HI, Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, Monas, Patung Pemuda, Patung Arjuna Wiwaha, Balai Kota, dan beberapa gedung-gedung perkantoran lainnya. Yang terpenting semoga aksi ini tidak hanya dilakukan satu jam kemarin saja, tetapi seterusnya. Seperti tagline yang mereka gencarkan: Setelah satu jam, jadikan gaya hidup!









Note: Untuk gambar paling atas pertama dan kedua diambil dari Daily Mail.

Link terkait: www.earthhour.org & www.earthhour.wwf.or.id

No comments:

Post a Comment